#FollowSunnah : Menikmati Kesedihan Seorang

Friday, December 30, 2016 0 Comments A + a -


"Ada tiga hal yang termasuk pusaka kabajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh (yang kita keluarkan)." (H.R Ath-Thabrani)
Baca cerita Syahla dan Roy Biruni.

Wahai jiwa-jiwa yang merindukan Tuhan.
Sabar, kelak akan ada waktunya kita dipertemukan dengan wajah kebesaranNya. Wajarlah dunia ini penuh duri. Karena memang itu tujuannya. Untuk diuji. 
Siapa yang layak menghadap Tuhan dalam kondisi suci. 

Door! Kalau ada saatnya kita lelaaah, lelah dalam artian lelah menghadapi semua lika-liku kehidupan, banyak yang diantara kita langsung "update" status di sosmed. Guys, stop it! 

"Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. (19) Apabila ia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah (20) Dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir (21)" (Q.S Al-Maarij 19-21)

Aku pernah posting cara menghadapi keluhan. Salah satunya, kita bisa berzikir. Memaknai asma Allah dengan sebaik-baiknya. Memang merahasiakan keluhan itu nikmat. Menikmati kesedihan, menelannya seorang. Karena toh saat kita ceritakan ke orang lain, atau bahkan mengupdatenya menjadi status, orang belum tentu simpati apalagi mau menolong. Bisa jadi ilfeel melihatnya.

Tapi sebenarnya solusinya sudah mamprang jelas dilanjutan surat Al-Maarij diatas. Manusia itu memang diciptakan dengan sifat mengeluh, kecuali mereka :
1. Orang yang solat, tetap mengerjakan solatnya dan memeliharanya
2. Orang yang menyiapkan harta khusus untuk orang miskin yang meminta atau tidak 
3. Yang takut pada Hari Pembalasan
4. Yang takut pada azab Tuhannya
5. Yang memelihara kemaluannya 
6. Orang yang memelihara amanat dan janjinya 
7. Orang yang tetap teguh pada kesaksiannya

Kebetulan hari ini aku juga lagi g a l a u. Inginnya mengeluh. Ada faktornya dan kurasa untuk mengerjakan salah satu dari ketujuh poin diatas butuh motivasi untuk bergerak. Karena kesedihan melumpuhkan. Betul tidak?? 
Maka salah satu penggeraknya malam ini adalah membaca buku, mendengarkan nasihat ulama dan menulis. Alhamdulillah sudah baikan. Dan saaatu lagi, nonaktifkan sosmedmu, supaya tak menggodamu untuk mengeluh disana


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is