#1Day1Ayat : Luangin Waktu 10 Menit = Hemat 360 Ribu

Tuesday, June 07, 2016 1 Comments A + a -


Bandung adalah kota kreatif yang paling asik ditinggali. Bagaikan tanah impian, segala yang kamu butuhkan, lengkap tersedia. Kamu mau cari tempat kumpulnya komunitas kreatif? Pakaian yang lagi ngetrend? Cafe yang cozy? Jajanan aneh? Taman yang nyaman? Mall yang megah? Di Bandunglah surganya. Makanya ga asik kalau main ke Bandung tapi ga punya uang.
Dan, ya wajar aja kalau mahasiswa Bandung apalagi yang merantau merasa kewalahan mengelola uangnya. Karena tinggal di Bandung sendiri godaannya besar banget. Cuma, bukan berarti kita harus hidup terlalu irit sampe susah banget. Santai ajalah. Yang penting kita harus tau gimana sih cara agar mahasiswa yang uang jajannya pas-pasan kayak aku bisa tetep menikmati Kota Bandung dengan asyique!

Roy's Artwork

"Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (Q.S Al-Baqoroh : 155)
Baca punya Ukhti Fira : Cerita Al-Baqarah ayat 155

Proyek #1Day1Ayat hari kedua ini bakal aku tulis menurut pengalaman pribadi dan Hot Thread Kaskusnya bang Fasy1129 : Bukan Zamannya Mahasiswa Hidup Susah. Ini Triknya!
Aku baca thread ini sebelum aku masuk kuliah di postingan Line yang menyebar viral. Dan beberapa tipsnya sudah banyak yang aku laksanain. 
 
Memang kita yang dibesarkan dari keluarga sederhana ga bisa nuntut uang jajan yang berlimpah. Aku sih ga terlalu masalahin soal uang jajan yang sesuai kebutuhan, secara anak Presiden RI juga bisa kok hidup sebagai mahasiswa yang sederhana. Malah aku pengen cepet-cepet bisa punya penghasilan sendiri, biar ga minta terus ke orang tua.



Tapi sekali dalam seumur hidup, kita pasti akan dihadapkan dengan momen "kepepet ga punya uang banget". Banyak dari kita yang salah kaprah menyikapinya nih, sampe-sampe mereka terlalu banyak makan mie instant atau diet berlebihan. 

Aku sendiri sering kok ngalamin ga punya uang akhir bulan lol karena kalau awal bulan, aku jorjoran banget ngeluarin uang. Tapi, alhamdulillahnya aku ga pernah sampe kelaperan dan ga makan gitu. Karena aku melakukan :

1. Hidup berkelompok. 
Aku ga tinggal di kosan yang sendirian gitu, karena aku gabisa. Aku orangnya gampang bosen, kalau bosen bisa-bisa aku stress. Dan mungkin karena 6 tahun terbiasa hidup berkelompok, rasanya sepi aja kalau punya kamar sendirian. Eh ternyata, dari hidup berkelompok ini aku dapet banyak banget manfaat terutama soal masalah mengganjal perut. Satu hari makan, kita bisa loh patungan untuk masak lauknya. Udah gitu, bisa gantian masak. Aku juga belajar masak dari temen-temen kamar aku yang udah jago-jago banget terutama Silvy . Kalau Nilna, Laila, Ruri lumayan lah daripada aku yang seringnya dimasakin XD 

2. Wajib banget masak nasi.
Kita ga selalu masak sendiri, karena kita ga selalu punya waktu luang. Tapi kita selalu sempetin masakin nasi. Karena dengan masak nasi sendri aku udah bisa menghemat pembelian nasi Rp.4.000,00 untuk 1x makan. Btw makanan di Tel-U mahal-mahal banget deh. Perasaan di gerlong UPI ga gitu-gitu banget :( 
Kalkulasinya gini :
1 hari = 4.000 x 3 (makan) = 12.000 
1 bulan = 12.000 x 30 hari = 360.000 

Berarti aku udah ngehemat Rp.360.000,00 loh guys! Lumayan banget kan buat jalan-jalan atau belanja. Eh lumayan deh untuk disimpen di akhir bulan kalo kuat:P

Nah hal itu cuma gara-gara kita mau ngeluangin waktu yang palingan cuma 10 menit buat masak nasi, Jadi, JANGAN MALES atuh guys!!

Well, yang barusan itu cuma sebagian kecil tips mensiasati momen akhir bulan yang diantisipasi dari perilaku kecil di awal dan tengah bulan! Lagipula sebaiknya kita jangan takut kelaperan atau kekurangan rezeki ya, karena hal-hal itu hanya sebuah ujian yang Allah berikan untuk melihat kesabaran kita. Allah Maha Luas kok rezekinya. Dia pasti akan memberi rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Ya, yang penting kita sabar dulu aja.

Btw, untuk tips yang lebih komplit dan rinci coba deh sekali lagi baca Hot Thread Kaskusnya bang Fasy1129 : Bukan Zamannya Mahasiswa Hidup Susah. Ini Triknya! insyaAllah bermanfaat banget dan pengaplikasiannya mudah ko^^

Semoga Bermanfaat :) 


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is

1 komentar:

Write komentar
arcico weldy
AUTHOR
4 April 2021 at 20:51 delete

Blog nya bagus, terimakasih atas sharing2 nya. Silahkan kunjungi
Visit Us

Reply
avatar