Inspirator Quran : Nouman Ali Khan

Thursday, June 09, 2016 0 Comments A + a -


Pertama kali aku tau Ustad Nouman Ali Khan adalah melalui videonya yang muncul di beranda Youtube-ku. Kesan pertamaku saat mendengar kuliahnya adalah "Wow keren banget." "Hem iya logic!", "Duh pinter banget" "Dalem banget deh" "Pas banget tau" Dan pujian lainnya. XD

Ustad Nouman yang masih berumur 38 tahun ini memang memiliki passion dalam bahasa Arab. Sekarang ia merupakan seorang founder Bayyinah Insitute. Ia menempuh pendidikan bahasa Arab di Riyadh, Saudi Arabia dan Faisalabad (Pakistan). Sehingga ia mampu menafsirkan Quran dari akar bahasa Arab dengan baik dan detail. Ia juga sering menunjukan keindahan bahasa Quran kepada jamaahnya.  Sebetulnya aku pernah belajar hal yang seperti itu sedikit namun hanya satu tahun dan durasi belajarnya pun singkat sekali.


Oya, karena langsung jatuh cinta pada pandangan pertama tausiyah Ustad Nouman, aku langsung stalking beberapa videonya setiap hari dan jika melawatkannya rasanya rindu sekali.

Menurutku, ada beberapa video yang paling berkesan untuk ditonton :

1. Video mengenai cerita Nabi Nuh a.s ketika berdakwah kepada kaumnya yang bengal, kemudian dakwah yang Nabi Nuh a.s sampaikan kepada kaumnya tersebut adalah sebuah perintah untuk beristghfar agar dapat mengundang rezeki Allah turun ke dunia. 




Setelah menonton video ini, aku mulai meresapi dan memaknai dzikir dalam solatku, meski tidak selamanya sekonstrasi itu :")

2. Video tentang Islam dan Ego.
Dalam video ini Ustad Nouman mengkritik habis-habisan soal sikap ego seorang muslim dalam bersosialisasi juga beribadah.
Kadang ego tersebut tak dapat kita kenali oleh diri sendiri. Oleh karena itu, kita harus mengenali karakteristik ego-ego tersebut. Yang aku simpulkan dari video ini adalah, ketika seseorang dalam ibadahnya mulai merasa yang ia lakukan paling benar, harus didengarkan, menolak dikritik dan mulai menghakimi apa yang dilakukan orang lain lalu kemudian mulai mengurusi dan campur tangan soal kualiatas ibadah mereka, maka hati-hatilah karena kamu sudah mulai memiliki ego tersebut dalam hatimu. Sebaiknya saat nonton video ini jangan mengelak atau mengingkarinya. Video ini adalah video yang mampu membantu kamu untuk intropeksi terhadap hatimu, sebelum hatimu akut oleh ego yang memnutupi keindahan hatimu.



3. Video tentang Kisah Doa Nabi Sulaiman a.s

Dalam video ini, Ustad Nouman menjelaskan doa Nabi Sulaiman yang meminta kerajaan dengan pemohonan tambahan untuk tidak ada yang bisa menandingi kerajaannya setelah kepemilikannya.
Doa ini sangat berkesan sekali karena diakhir video ustad Nouman juga menyarankan agar kita jangan sungkan meminta kepada Allah sebuah kerajaan, sebuah kemampuan hebat yang menunjang kita untuk berkembang dan beribadah, dll. Karena hal tersebut sendiri adalah sesuatu yang boleh dan diajarkan dalam Quran



Ya itulah sepenggal ocehan kekagumanku pada seorang guru besar.
Aku berharap suatu saat nanti bisa bertemu dengannya di Amerika :" atau mengundangnya ke Tel-U ><


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is