#1Day1Ayat : #salahbeli?

Friday, July 01, 2016 0 Comments A + a -

Roy's Artwork
“Eksak, kau menjawab sama dengan umum, kau benar. Kreativitas, kau menjawab sama dengan umum, kau niru.”
Pidi Baiq


Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, jika datang seorang yang fasik kepadamu membawa berita, maka tangguhkanlah (hingga kamu mengetahui kebenarannya) agar tidak menyebabkan kaum berada dalam kebodohan (kehancuran) sehingga kamu menyesal terhadap apa yang kamu lakukan”

Baca Punya Ukhti Fira :


Youtuber Indonesia sekarang lagi produktif banget. Keuntungannya kita ga akan kekurangan konten kalo kita lagi bosen. Dari genre komedi, edukasi, horror daaaan banyak lagi. Kayaknya sekarang dibanding searching lewat halaman Google aku lebih sering nyari di Youtube duluan karena bisa lebih meyakinkan lewat video yang lebih menjelaskan gambaran seuntuhnya. Meskipun sekarang harus lebih selektif dan ga mudah percaya info dari video gitu aja karena orang makin jago ngedit :")

Dan sekarang lagi booming banget nih kasus Laurentius Rando yang "katanya" jual mailtime dari fansnya dan bilangnya sih gara-gara salah beli. Sampe ada yang buat MV-nya. Dan banyak juga Gazelion yang mulai kecewa dengan cari-cari bukti dan mulai nulis di blog atau upload video soal kekecewaan mereka terhadap idolnya ini.





Serem juga yaa sindiriannya. Dari yang dipuja-puja sampai dihina-hina. 
Dari fenomena ini, aku jadi liat banyak banget orang yang mudah banget terprovokasi dan tiba-tiba langsung nge'judge' dan ngomen dengan kata-kata yang ga enak di hati. Mulai menutup mata  karya Rando dan fokus pada kesalahan yang jelas-jelas siapapun pasti bisa diposisi yang sama dengan dia disuatu hari nanti. Ya emang kalau seandainya Rando bener-bener jual mailtimenya itu cukup tega ya, dan ya dia harus lapang dada menerima sanksi sosial kayak digunjing-gunjing begini.

Tapi sebenarnya yang pengen Aul tekankan disini itu ajakan agar kita mulai teliti dan selektif untuk mengkonsumsi informasi. Jangan langsung ditelan mentah-mentah gitu. Kalau aku udah mulai kepo banget nih sama berita-berita yang lagi happening biasanya aku buka dari berbagai sumber, platform, dan tanya-tanya opini orang banyak. Karena koran atau media juga punya cara sendiri mengutarakan fakta lewat gagasannya dan itu bisa berpengaruh banget sama cara pandang. 

Artinya ketika kita menerima info baik atau buruk, kita harus tangguhin dulu, cari sejelas-jelasnya bukti baru deh diyakini. Supaya kita ga berkoar-koar nyebar isu lagi tapi ternyata observasi kita masih dangkal atau ga utuh. Dan belum bisa diklarifikasi lagi, rantai info itu udah nyambung sampe mana tau. Nah kan kalau gini celaka buat kita yang nyebar juga buat orang lain yang nilai. 

Ini remainder buat aku juga loh ya. Tapi aku ini orang yang kudet banget sebenernya. (entah kudet entah terlalu cuek) :( Males baca info-info update makanya bingung juga selama ini ngapain aja deh. v_v 

Well, tetep jadi orang yang kepo yang lebih teliti dan tidak tergesa-gesa ya!! ^^


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is