Celtx : Bantu Kamu Bikin Skenario

Friday, July 22, 2016 0 Comments A + a -


Memutuskan untuk menjadi filmmaker, aku bergabung dengan UKM film "Forum Film Telkom" di kampusku. Awalnya aku sangat tertarik dengan editing video sehingga aku bergabung dengan tim editor Avi. Tapi setelah mengikuti beberapa proyek film pendek (bukan di UKM), teman-temanku malah mencocokanku untuk menjadi seorang scriptwriter saja. Salah satu alasannya karena saat itu yang memegang posisi sebagai editor video sudah sangat banyak dan aku dirasa cukup berbakat. 

Awalnya aku pikir pekerjaan scriptwriter mudah. Yang penting punya banyak ide dan bisa menyusun cerita hingga selesai. Tapi kenyataannya menulis screenplay itu jauuuh berbeda dengan menulis cerpen. Banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan. Seperti menulis nama karakter dengan huruf kapital seluruhnya, menulis isi dialog secara berdampingan, memperhatikan latar waktu dan tempat dengan slug line, dan banyak lagi. 

Karena belum menemukan kesempatan ikut workshop atau pelatihan menulis skenario, aku hanya memaksimalkan kesaktian mbah Google untuk menggali informasi tentang hal ini. Aku banyak belajar dari blog dan tutorial penulis-penulis hebat seperti Joko Anwar, Raditya Dika, dan Youtubers filmmaker. Dan satu hal penting yang baru aku ketahui, ternyata membuat skenario itu ada aplikasi khususnya. Fitur-fitunya bisa meringankan scriptwriter untuk menyusun cerita kasar. Dan salah satu aplikasi gratis tersebut adalah Celtx. 

Storyboard

Sketch

Screenplay
Aku baru beberapa bulan ini menggunakannya. Awalnya kuanggap sangat tidak praktis. Itu karena aku belum memahami betul struktur membuat screenplay. tapi setelah mengerti struktur menulis screenplay secara umum, ternyata aplikasi ini benar-benar sangat membantu! Bagi kamu yang ingin mencoba aplikasi ini atau memang sedang mencarinya, silahkan download di website resminya. Gratis kok! ^^


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is