Identifikasi Kebiasaan Jelek Saat Bekerja. Ubah!

Wednesday, June 26, 2019 0 Comments A + a -

Dalam dunia profesional, segala hal bisa jadi aspek penilaian. Karena bekerja kan bentuk kerjasama yang dibayar. Jadi agak sensitif gitulah menurutku kalau ada salah-salah dikit. Nah berdasarkan pengalamanku, ini beberapa kebiasaan buruku yang dinotice saat aku bekerja. Aku share ini supaya kita bisa saling belajar ya. Jangan sampai kamu mengulanginya lagi. 

Lamban Mengerjakan Tugas 
Lamban kalo hati-hati dan bisa menghasilkan hasil yang maksimal menurutku aman-aman aja sih. Dan semoga hal yang sedang dikerjakan itu yang timeless, bukan breaking news.Tapi walau tidak bisa mengejar deadline, jangan terlalu ngaret juga, karena ya ini ngehambat teman-teman yang lain. Kalau dalam kasus aku, aku ga bisa begadang, terus ngerjain kerjaannya dipotong weekend, akhirnya aku ngerjain revisi video sampe 4 hari. Udah termasuk revisi ya itu. Lama bangetlah! Padahal seharusnya bisa satu hari. Aku dapat banyak sindiran halus. Tapi karena masih anak baru, aku masih dapat toleransi. Dengan dalih, "ya namanya juga fresh graduate". 

Tidak Fokus 
Bermain hp dan mengobrol saat bekerja, ini riskan banget sih. Sebenarnya aku ingin pembelaan soal ini, karena aku tidak melakukannya untuk hal pribadi. Tapi kan, orang tidak punya banyak waktu untuk diberikan penjelasan. Jadi sebaiknya, daripada kamu browsing kerjaan di hape dan dituduh main hape, sebaiknya browsing di laptop aja ya!! 

Kebiasaan Menginterupsi. 
Aku pernah ditegur soal ini juga saat kuliah. Ditegur oleh teman satu kelompok. Saat itu dia bilang, "Ul, belajar deh ngedengerin orang,". Jleb. Iya karena otakku rasanya random banget, aku selalu pusing dalam mengeluarkan isi kepala. Kayak kurang tertata gitu loh. Alhasil, ke mulut jadinya berisik, karena kalau gitu ga keluar ide sama sekali. Tapi menyela, disaat orang berpikir juga pasti annoying banget. Makanya, aku ditegur kayak gitu.
Nah kejadian ini terulang lagi kemarin, saat aku minta direvisi judul. Padahal aku yang minta direvisi, tapi kenapa aku juga menyela temanku yang sedang berpikir. Akhirnya dia tidak bisa berkonsentrasi, dan menegurku. 

Tambahan lain yang menurutku harus diperhatikan adalah, cara duduk, datang tepat waktu dan jangan kebanyakan nanya. Cara duduk, coba jangan males-malesan meski tempat duduknya terlalu cozy. Karena aku menyadari aja gitu loh, kebanyakan nyender bikin keliatan kita males dan ga serius. Ga baguslah diliatnya. 

Kalau datang tepat waktu, ngertilah ya, itu udah aturan umum banget yang susah dibiasain, apalagi kalau perusahaannya kayak kantor aku, yang ga ada jam kerja pastinya, ya itu mah bener-bener harus mengandalkan kesadaran diri. Tapi ketika dateng telat, kamu harus malu karena kerjaan kamu harus dihandle sama orang lain, dan orang lain belum tentu suka loh digituin. 

Yang terakhir, jangan kebanyakan nanya. Nah ini, selagi bisa cari sendiri, bisa diamati sendiri, bisa diliat flownya, kerjain dulu. Kalau banyak nanya, keliatan banget kita tuh males mikir dan ga teliti. Jadi yaa, biasakan untuk selalu baca dulu sebelum ngomong. 


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is