Cara Mencari Lowongan Kerja di Internet

Sunday, June 30, 2019 0 Comments A + a -

Halo, sesuai janjiku di Instagram, aku mau berbagi pengalaman soal perjalanan karir pertamaku di blog ini. Dari mencari hingga mulai bekerja selama 3 minggu di kumparan. Tapi karena banyak hal yang akan aku tulis, aku akan bagi obrolan tersebut ke beberapa bagian ya beb. Lumayan panjang soalnya. 

Oya, alasanku menulis seperti ini karena, banyak juga nih ternyata, teman-teman yang masih bingung dan belum lihai melihat peluang kerja di internet. Jadi semoga artikel ini bisa sedikit membantu ya. Langsung aja. Cuss..

Sebelum bertempur untuk apply sana sini, hal yang pertama aku bereskan adalah mengisi profil LinkedIn, membuat CV, menghimpun portfolio, dan menulis cover letter. Mengisi profil LinkedIn itu memang agak tricky. Kita harus sering-sering berkunjung ke profil orang lain untuk mencari referensi dalam menulis deskripsi profil misalnya, dsb. Selain itu, jangan terlalu banyak juga menuliskan pengalaman. Saran aku sih, kamu harus mulai menyeleksi pekerjaan dan pengalaman yang terbaru, termengesankan dan sesuai dengan pekerjaan yang bakal kamu apply saja. Kalau LinkedIn ku sekarang lebih diarahkan ke pengalaman yang berkaitan dengan media online tentunya. 

Sebagai refrensi, ini link ke profil LinkedInku ya, klik aja.

Kalau untuk CV dan portfolio, inspirasiku tidak lain dan tidak bukan berasal dari Pinterest!! Yeay!! Karena emang udah lucu-lucu abis lah. Nah nanti tinggal ikutin aja layoutnya di Photoshop. Kalau mau lebih simpel coba bikin di Canva.com aja ya. Karena banyak templatenya juga. Jadi kita tinggal isi aja gitu deh :) 

Nah kalau cover letter, googling aja, kalau googling usahakan keywordnya pake bahasa inggris, karena aku biasanya ngelampiri cover letter juga pake bahasa inggris. 

Oya, baca-baca juga ya etika mengirim email ke HRD perusahaan. Perhatiin dan praktikan baik-baik deh setelah itu. 

Okey, setelah semua alat tempur siap, baru deh kita cari-cari pekerjaan baik online maupun offline. Kalau online aku cari-cari info di: 

  • Platform jobseeker seperti LinkedIn, Glints, StreetJobs, dll. 
  • Website karir perusahaan bersangkutan 
  • Grup WA/Telegram jobseeker 
  • WA personal ke keluarga dan kenalan
Kalau offline aku hanya pernah datang sekali ke Jobfair. 

Untuk informasi saja ya, aku menganggur lumayan lama loh, sekitar 5 bulan lamanya. Terhitung dari Januari sampai Juni kemarin. Nah selama lima bulan tersebut, aku dapat 4 kali panggilan pekerjaan dari sekian (saking banyaknya aku apply) pekerjaan yang aku lamar. Perusahaan tersebut adalah PKSS (dapat dari Jobfair), ITC (dapat dari job fair), kumparan (lamar di web) dan Angkasa Pura (ikut seleksi BUMN bersama). Sisanya dapat beberapa tawaran pekerjaan dari teman, jadi manager untuk ollshop seniorku dan jadi editor video untuk kak Wardah Maulina. Cuma pada akhirnya, pilihanku jatuh di kumparan. 

Nah, dari sekian cara mencari pekerjaan, aku merekomendasikan jalur daftar di web sih. Karena itu lebih seru aja, dan bisa jadi belum tentu banyak yang tau info lowongan tersebut. Dulu tuh saking gabutnya 5 bulan, aku sering ngunjung web karirnya Kitabisa, Google, WhatsApp, Line, Aksi Cepat Tanggap, perusahaan media tv dan banyak lagi. Gimana caranya? Yaudah kamu ketik aja di google dengan keyword: (perusahaan yang dituju) karir, kumparan karir misalnya, atau google career, dst. Nah disitu bakal muncul posisi-posisi yang kosong dan tahapan applynya. Sebisa mungkin aku apply pekerjaan yang ga populer di LinkedIn atau sosmed pencari pekerja, karena berharap saingannya lebih sedikit hahaha. Karena kalo ngandelin infroman ketiga mah saingannya banyak ceu. Jadi saran aku mah, apply mandiri aja ya lewat web gitu. Dan sesuai dengan pengalaman, ikutan Job Fair juga cepet banget dipanggil interviewnya sih. Jadi kalau ada kesempatan ikut, cobain ikut deh. Selain punya insight baru tentang perusahaan-perusahaan lain, kita juga dapet merchandise lucu-lucu dari perusahaan yang sedang menggelar pameran ahaha. 


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is