Bercerita Soal Kematian

Friday, September 08, 2017 0 Comments A + a -

"Berapa banyak manusia yang masih hidup dalam kelalaian, sedangkan kain kafannya sedang ditenun." -Imam Syafi'i

Cuy sambil nunggu masuk kuliah, ada waktu buat nulis blog bentar. Mumpung hari Jumat, Aul mau nulis soal keagamaan, ya biasanya juga gitu yah, sengaja buat remainder aja ini mah. 

Akhir-akhir ini lagi penat sama dunia nih. Asli. Karena dunia banyak PHPnya :" Rasanya pengen cepat caw, tapi takut juga belum punya amal apa-apa. Sedih banget! Dan malam kemarin Aul baru aja ngalamin perjalan spiritual di alam mimpi. Serasa beneran aja gitu kejadiannya.  Ya sekali lagi, mungkin ini pengingat yah.  

Ceritanya Aul mimpi, seluruh keluarga Aul termasuk Aul sendiri meninggal gara-gara anjing liar. Gatau gimana ceritanya tu anjing udah ngamuk-ngamuk ga jelas dan menelan korban. Keluarga gue. Tapi sialnya Aul ga tau lagi dimana, kayaknya disuatu daerah yang jauh semisal Neglawangi, dan Aul pengen ngabarin temen-temen kalau Aul udah meninggal. Bingung banget sumpah gimana caranya ngasih tau ke orang yang masih hidup. Via line? Ga bakal percaya dong ntar orang. Lawak ah. 

Dan ternyata nih, jasad Aul dan adik Aul itu disembunyiin sama uwa Aul, alhasil arwah Aul masih gentayangan gitu. Ya otomatis Aul cari-cari keberadaan uwa dan ngehantuin dia mohon-mohon supaya jasad Aul cepet dikubur. Serem banget yah, buat apa cobak disimpen segala mayat, disimpen digudang, dipetiin. Dan gue disitu terbujur kaku dong, dibalut pake entahlah apa dan ya, belum dikafanin. Akhirnya si uwa minta maaflah. 

Tapi fakta selanjutnya yang menyedihkan adalah, arwah gue ga bisa masuk ke jasad itu. Namanya juga orang meninggalkan yak. Kalau baca Webtoon Oh! Holy adegannya sama. Berulang kali coba mau masuk, tapi ga bisa terus. Rasanya pengen nangis. Gimana dong ini. Beneran meninggal? Panik. 

Dan gue teringat betapa masih banyaknya dosa gue, termasuk HUTANG yang belom dibayar. Dulu pernah ngamanatin gitu ke Nilna, "Nil, kalau Aul mati, tolong buka evernote di Hp, disitu cari catatan hutang gue ya, kasih ke mamah papah, buat bantu bayarin." hahaha ngakak sih, tapi sedih dan itu serius, takut ga masuk surga cuy gara-gara hutang doang. Nah di mimpi itu juga Aul berusaha ngirim link catatan evernote yang berisi hutang ke line Nilna. Kalau ga salah berhasil terkirim sih. :"D Mudah-mudahan dibayarin wkwk. 

Setelah beres urusan dengan Nilna, Aul balik lagi tuh ke jasad Aul yang masih tergeletak. Disitu Aul coba lagi buat masuk berkali-kali. Masih ga bisa. Eh taunya disamping jasad ada Ust. Yusuf Mansur, dan beliau bisa liat arwah gue. Tapi sebelumnya jasad Aul kejang-kejang ngigau gitu, ngigaunya soal "Tuntutlah ilmu sejak dibuaian hingga liang lahat, sama sampaikanlah ilmu walau satu ayat." Kaget. Dannn setelah liat jasad kejang-kejang sendiri, nengoklah Aul ke Ustadz dan Aul curhatlah Aul dengan wajah sedih-sedih gitu.

"Ustad gimana nih, saya takut, saya belum punya banyak amal, saya belum tobat, saya jarang solat malam, saya takut ustad, saya jarang sujud kepada Allah, saya tau ustadz kalau orang yang meninggal itu, penyesalan terbesarnya ya pengen kembali lagi ke dunia cuma untuk solat, bersujud pada Allah. Gimana dong saya ga bisa lagi solat" 

Heu guys, percayalah disitu Aul berasa banget kayak bener-bener udah ngalamin yang namanya meninggal, jadi pas bilang hal itu serasa beneran banget takutnya. Sudah habis masa Aul di dunia, sudah habis kesempatan tobat di dunia, bahkan menunggu tobat diterima sebelum matahari terbit dari arah Barat aja Aul ga bakal kesampean. 

Setelah itu Ustdz Yusuf Mansur mah nanggepin gue senyum-senyum doang, dan ga inget beliau ngomong apa. Taunya dicobalah sekali lagi arwah gue masuk ke jasad, dan disitu bangunlah Aul. Ah..... alhamdulillah. 

Betapa bermaknanya pesan mimpi saat itu. Temen-temen kalau solatnya masih bolong-bolong, ayoklah kita belajar menyempurnakan yuk! Sebelum ga ada lagi kesempatan :" Serem banget ini mah, jangan sampe merugi. Mumpung masih bisa saling ngingetin :"D


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is