Jangan Berhenti Ketika Berbuat Salah

Monday, July 24, 2017 0 Comments A + a -


“Segala perbuatan salahmu belum tentu mencelakaimu. Dan musibah yang menimpamu belum tentu akibat kesalahanmu. Ketahuilah bahwa kemenangan beserta kesabaran, kebahagiaan beserta kedukaan, dan setiap kesulitan ada kemudahan.” – Wirda Mansur

Dulu papah pernah bilang, “Teh, usahakan orang itu sering ngucapin terimakasih ke kamu! Ya berarti, kamu harus banyak melakukan sesuatu kepada orang lain.” Yas! Aku tidak ingat betul kapan papah menasehati soal ini, tapi kata-kata itu masih terus terngiang-ngiang dipikiranku. Aku tidak merasa banyak melakukan hal yang luar biasa, hanya bermodal keramahan dan antusias tinggi untuk saling berbagi, akhir-akhir ini aku kebanjiran ucapan terimakasih.

Setelah itu selalu munculah pertanyaan-pertanyaan, “memangnya gue siapa?, apa yang udah gue kasih sampai orang bisa terimakasih segininya?, emang layak apa yaa dikasih ginian, padahal apa-apa yang sering diobrolin, sering juga kontradiksi sama apa-apa yang dikerjain.”

Ya kadang-kadang ngerasa bersalah, apa iya pantes.

Aku sadar betul, kita dihadapan Tuhan ini, yang Maha Tau baik buruknya kita, sepertinya sudah sangat terlihat hina. Tapi!!!! Allah juga membenci orang yang lemah, benci mereka yang hanya berpangku tangan pada orang lain dan malah melempar batu sembunyi tangan ; suka menyalahkan orang lain atas kesalahannya.

Yang boleh itu rendah hati bukan rendah diri.

Maka dari itu, kalau muncul lagi pikiran dan perasaan yang mengecilkan semangat bergerak, semangat berbagi, maka perlulah kita mengembalikan lagi perasaan itu kepada yang Maha Besar untuk membesarkan dan meyakinkan hati kita, bahwasanya adalah wajar manusia berbuat salah dan berdosa,

“Siapa yang berbicara (mengajar) karena memandang kebaikan dirinya, ia akan berhenti ketika berbuat salah. Namun, siapa yang berbicara karena memandang anugrah Allah padanya, ia tidak akan berhenti ketika berbuat salah.” –Ibn Atha’illah al-Iskandari.
Sisanya terus belajar, terus memperbaiki diri, karena aku percaya, kesalahan itu memang jalan menuju baik. Darimana kita tau kebaikan, kalau tidak mengenal keburukan. 


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is