Membuat Habits Tracker

Wednesday, July 15, 2020 0 Comments A + a -


Aku udah cerita kan ya kalau sekarang aku jobless ðŸ™ˆ (cek postingan yang kemarin ya, kalau belum tau). Tapi dibalik setiap musibah memang selalu ada hikmah.

Saat ini aku jadi punya banyak waktu (yang mana sangat tricky). Kalau cuma dibiarkan berlalu begitu aja, akan terbuang sia-sia. Oleh karena itu aku mulai garap sesuatu yang bisa aku garap.

Aku liat-liat beberapa aset akun Instagram yang aku punya, dan kayaknya asik nih untuk mulai menghidupkan mereka jadi sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak. Dan tadaa, ternyata ada 3 akun yang bisa aku mainkan. Kalau sama @quranbuddy.id jadi empat. HAHAHA

Tapi sebelum terjun bikin konten, aku berguru dulu dengan para content creator senior. Selama satu bulan ini aku udah ikut dua kelas. Yang pertama bareng Kak Jen dan yang kedua dengan Ko Ruby. 
Selalu jatuh cinta dengan konten yang doi buat. Terlalu keren!

Pembahasan materinya mirip-mirip soalnya mereka pernah kerja bareng hahaha. Tapi tetap asyique. Apalagi Kak Jen ada tugas follow upnya, kalau menang seleksi, bisa dapet couching satu bulan. Keren dan baik banget gak sih!
Hehe maaf agak blur dan tidak aesthetic. Ini sebenernya gak niat diposting, cuma iseng foto buat kenang-kenangan aja.

Nah tapi setelah mulai sentuh beberapa akun yang potensial, kebiasaan buruk ku muncul. Aku mau garap semuanya dalam satu waktu, sehingga enggak bisa fokus garap satu akun. Rasanya bersalah banget kan, kalau enggak bisa commit sama apa yang baru aja digarap. 

Untungnya aku nemu satu video YouTube yang menjawab kegelisahanku. Doi ngajarin cara bikin template Bullet Journal yang simpel. Enggak mesti didesain-desain gitu. Templatenya juga menurut aku make sanse, ga cuma hiasan-hiasan yang fungsinya belum tentu efektif diisi harian, bulanan atau tahunan.

Nih bagi teman-teman yang kepo dan ngerasa butuh juga, bisa tonton video berikut ya: 


Tapi, gak semua dari template doi aku terapkan. Karena di planner book yang aku punya dan AKU JUAL (HAHAHA), templatenya udah cukup lengkap. Lagi pula yang sesuai kebutuhanku sekarang sih baru Habits Journal, lembar Gratitude dan pengoperasian to-do-listnya, jadi ya aku buat hal yang kayak gitu juga.

*btw, pengoperasian to-do-list Bullet Journal juga menarik, kapan-kapan aku bahas ya, soalnya to-do-list BuJo itu canggih banget, dengannya dan izin Allah, aku bisa lulus kuliah 3,5 tahun aja.

Dan ini Habits Tracker yang aku buat.


Cara Membuat:


  1. List dulu apa yang sedang kamu garap. 
Aku ada 8 garapan. Tapi yang aktif lagi aku kerjain rutin, ada empat. Sisanya iseng-iseng berhadiah. Cuma mau aku tetap masukin aja biar enggak terlalu lama updatenya. 

  2. Buat kalender, kecil-kecil aja. Jumlahnya sesuai dengan garapan yang sedang dan mau kamu kerjakan. 
Kalau aku jarak antar angka di kalender 0,5 cm. Jadi buat selama satu minggu itu 3.5 cm aja. Soalnya biar cukup. Emang terlalu dempet-dempet sih, ditambah aku silinder ya jadi gak rapi gitu meski udah pake penggaris hahaha. Tapi gapapalah ya. 

  3. Coret tanggal dimana kamu mengerjakan garapannya. 
Ini part paling asyik, karena pasti bakal nagih dong untuk bisa produktif. 

Ya semoga bisa membantu ya tipsnya! Selamat mencoba!

Ps.
Planner Book bisa dibeli di @plannerbook101. Tapi berhubung planner book 2020 sudah sold out, tunggu updatean produknya di akhir tahun ini ya. Follow dulu aja akunnya guys 😘😙


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is