My Long Holi(Quran)day

Friday, April 21, 2017 0 Comments A + a -

Setahun yang lalu, aku menghadiri acara wisuda Dauroh Quran 40 hari - 30 juz. Acaranya ramai, disana orang-orang bersuka cita menyambut anak, abang, adik, teman, kerabat yang telah berjuang menghapalkan Al-Quran selama 40 hari di dalam hati dan ingatannya. Aku ingat betul, bagaimana aku berdoa, kelak aku juga harus ada didepan sana sebagai hafizhah.
--------
Dauroh..

Secara etimologi (bahasa), dauroh berasal dari kata daara-yaduuru-dauroh. Artinya ; Mengelilingi, tempat atau acara. Dauroh ilmiah, artinya ; Acara yang membahas dan mengkaji suatu permas’alahan dengan sudut pandang keilmuan.

Istilah dauroh kita bisa menyebutnya dengan sebutan-sebutan yang lain, misalnya ; Majlis ta’lim, halaqah ilmi, pengajian ataupun yang lainnya. Dauroh adalah bentuk pembina’an atau pendidikan agama kepada umat. Sehingga umat memahami setiap permas’alahan agama.

Pada hakekatnya dauroh adalah Majlis Ilmu.

Kalau untuk agenda satu bulan kedepan yang akan kuikuti nanti adalah Dauroh Al-Quran, dimana kami akan dibina intensif selama 20 hari mengenai ke-Quran-an. Khususnya dibina dalam proses menghapal Quran.

Dauroh Quran
Dauroh ini diselenggarakan oleh Qassm Edu, naungan Hijrh.Project di Tasikmalaya. Dauroh ini juga bekerjasama dengan PasantreneurshiPay.


Yuhuuu! Hijrh.Project memang makin keren. Hijrh.Project dekat-dekat ini sedang menggarap web series juga untuk stok ramadhan loh! Judulnya Rama. Selain itu Hijrh.Project juga sedang bangun Pondok Quran Akatsuki (kosan syari'i untuk ikhwan wkwk) dan on going pembentukan Pondok Quran Himawari (kosan syari'i untuk putri) yang insyaAllah akan dibina langsung olehku dan Nilna karena letaknya bersebelahan dengan kontrakanku. InsyaAllah.

Wes, balik lagi ke topik dauroh, aku berangkat ke Tasik ga akan sendirian. Karena sendirian itu ga seru. Hehe
Lewat perkenalan-perkenalan unik yang selalu aku jalin di Masjid Syamsul Ulum, akhirnya aku berangkat juga bareng teman-teman yang sering nongkrong disana.

Dila, adik bimbingan kelas Tahsinku. Baru bertemu dua bulan lalu. Hima, bertemu saat kajian pra nikah, uhuy! Dan Uti, bertemu kemarin sekali saat aku mengajar Bahasa Arab. Haha mereka unik dan aku suka. Dan yang pasti kami sama-sama excited akan mengikuti Dauroh ini!!!

Rencananya akan ada ka Aul dan ka Ifa juga yang mau ikut nih, tapi masih menunggu kepastiannya.

Kalian ga tertarik gitu, selama dua puluh hari bareng-bareng, bersyahdu-syahdu dengan Al-Quran di bulan Ramadhan? Ayok kalau masih mikir-mikir mending cepet putuskan! Investasinya ga seberapa ko dengan pengalaman yang akan didapat insyaAllah ^^

Kalau cewek-cewek tenang ada akuuuuu yang bakal jadi tour guide selama di Tasik. Jangan takut karena kamu belum pernah kesana, aku pasti jagain kok, eaaaa XD

Oya sebelum mengikuti pogram inti, karena ini program express menghapal Quran ; 20 hari target 5 Juz Mutqin, harus diiringi dengan persiapan yang perlu dibiasakan sebelumnya. Mereka bilang, perlu untuk kita membiasakan tilawah satu hari 5 juz. Wew! Belum apa-apa sudah challenging bukan? Tapi ya jalanin aja. Mudah-mudan lewat Quran ini, akan mengantarkan kita pada kebaikan-kebaikan. Usaha mempelajarinya dijadikan latihan untuk mengarungi tantangan-tangan dikehidupan sesungguhnya.

Yo semangat yo, jadi pemuda muslim Indonesia yang berprilaku positif! ^^


Telkom University - Ilmu Komunikasi (Broadcasting)
Scriptwriter | Journalist | Editor | Pejuang Quran, She is